Abdullah Koro’s Corner

Automotive around us!

Manfaat puasa bagi karakter bangsa

Sholat Jumat kali ini saya melakukannya di Masjid Ukhuwah Islamiyah, UI Depok. Topiknya lumayan bagus, karena berkaitan dengan ibadah puasa yang dilakukan. Topik tersebut yaitu manfaat dan kegunaan puasa bagi karakter bangsa. Agak tergelitik juga sih dengan topiknya karena jarang-jarang dapat topik dari khotib seperti itu. Biasanya kan manfaat puasa yang secara umum. Artinya membahas puasa saja. Tapi yang ini kayaknya lumayan buat pencerahan. Ringkasan bebasnya kira-kira kurang lebih seperti ini.

Kita semua mungkin sudah tahu arti dan maksud pada surat Al-Baqarah Ayat 183:

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu menjadi orang yang bertaqwa.”

Permasalahan bangsa Indonesia saat ini cukup banyak. Ada 6 permasalahan yaitu:

  1. Kemiskinan
    Menurut data BPS jumlah penduduk miskin Indonesia ada 40 juta orang atau sekitar 17% dari 220 juta penduduk Indonesia. Yang disebut miskin yaitu orang yang berpenghasilan 150 ribu rupiah per bulan. Atau dengan kata lain 5.000 rupiah per hari. Dibandingkan dengan kebutuhan kita sehari-hari saja, jumlah 5 ribu itu sangatlah kecil. Bila angka garis kemingkinan dilihat dari pendapatan di naikkan sedikit saja, maka jumlah orang miskin di Indonesia akan sangat banyak.

  2. Pengangguran
    Pengangguran saat ini menurut data sudah sekitar 11 juta orang.

  3. Korupsi
    Indonesia menurut Transparansi Internasional berada pada posisi puncak dibandingkan dengan negara-negara lain. Padahal mayoritas penduduk Indonesia adalah orang Islam. Diperkirakan total korupsi yang dilakukan oleh para pejabat sekitar 16 Trilyun. Biasanya dari anggaran pemerintah, 20% – 40% dikorupsi.

  4. Masyarakat dengan tingkat kepercayaan yang rendah (low trust society)
    Masyarakat dengan kepercayaan yang sangat rendah akan memunculkan birokrasi yang berbelit. Secara negara, Indonesia jadi lemah. Segala macam urusan menjadi bertele-tele dan menjadi kelemahan Indonesia

  5. (Lupa euy – red)

  6. (Masih lupa – red)

Puasa bagi umat muslim pada ramadhan ini mempunyai manfaat secara multi-grade. Maksudnya terintegrasi. Manfaat puasa yaitu antara lain

  1. Ujian

    Manusia itu sebagai khalifah fil ardh yaitu sebagai khalifah atau pemimpin dimuka bumi tentunya berada dibumi untuk diberi ujian oleh Allah SWT. Dengan sangat cinta pada manusia yang beriman padaNya, Allah telah membuat ujian bagi manusia.

  2. Imsak artinya menahan diri

    Menahan diri disini maksudnya bukan saja menahan diri dari makan dan minum. Tapi juga dari hubungan suami-istri (bagi yang telah berkeluarga/menikah) dari terbit fajar sampai terbenam matahari.
    Disini umat islam juga harusnya bisa menahan diri dari berbagai perbuatan yang tidak baik dan sifat menahan diri ini juga tidak saja berlaku pada bulan ramadhan, tapi juga dapat di lakukan diluar bulan ramadhan.

  3. Ketepatan waktu
    Seringkali pada saat buka puasa, biasanya kebanyakan orang sudah siap-siap untuk berbuka puasa. Walaupun belum waktunya, tapi sudah siap-siap. Artinya ketepatan waktu sangat penting artinya dan jangan hanya dibulan suci ini saja.

  4. Kejujuran
    berkaitan dengan permasalahan korupsi yang dialami bangsa Indonesia, tentunya dengan ibadah puasa akan menuntut kita berlaku jujur. Karena orang yang melakukan puasa tidak dapat terlihat secara fisik apakah seseorang lemas karena puasa. Apakah seseorang secara sembunyi sudah makan dan minum. Kita tidak dapat mengetahui apakah orang tersebut berpuasa apa tidak. Disini sangat penting sekali kejujuran. Dan kejujuran yang telah dilatih selama bulan puasa juga mestinya dapat diterapkan pada bulan-bulan diluar bulan puasa. Seseorang yang jujur pada diri sendiri, tentunya akan menahan diri dari berbuat tidak jujur seperti korupsi, salah satu penyakit dan masalah bangsa Indonesia.

  5. Kesabaran
    Dengan berpuasa akan melatih seseorang lebih sabar.

  6. (Apa ya…? Dah mulai ngantuk soalnya – red)

Kesimpulannya

Puasa punya makna dan manfaat yang sangat besar dan tidak saja melatih menahan haus, lapar, hawa-nafsu, tapi juga punya manfaat lain yang tidak kalah pentingnya yaitu membentuk karakter bangsa. Apabila segala maksud dan hikmah yang terkandung dalam puasa benar-benar diterapkan pada bulan-bulan yang lain, maka puasa mempunyai hikmah yang sangat baik dan sangat besar. Apalagi dengan mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim, maka dengan latihan yang dilakukan pada bulan puasa, insya Allah dan mudah-mudahan membentuk pribadi-pribadi yang bertaqwa. Dengan begitu akan menentukan karakter dan corak bangsa Indonesia untuk menjadi bangsa yang lebih baik.

Ok. Mungkin itu dulu aja. Lain kali kayaknya harus bawa perekam nih, biar bisa share dengan lainnya. Lagian dengan mencoba menuliskannya kembali resensi dan ringkasan ceramah Jumat, akan membuat kita (minimal saya dulu) tidak ngantuk lagi waktu dengerin ceramah.

Mohon maaf bila banyak kesimpulan dari saya pribadi dan mohon koreksinya.

Single Post Navigation

2 thoughts on “Manfaat puasa bagi karakter bangsa

  1. saya yakin jika puasa benar-benar dihayati dan diamalkan secera penuh dengan penuh pemahaman dan kesadaran akan membentuk ketaqwaan yang sekaligus bangsa akan menjadi bangsa yang baik. tetapi sayangnya banyak ummat Islam sendiri yang banyak tidak puasa, menyadari pentingnya puasa saja belum apalagi memahami dan menghayati. wis piiiyee iki

  2. ayo kasih komentar bagaimana agar ummat Islam ini sadar menjalankan puasa secara baik… saya tunggu jawabannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: