Abdullah Koro’s Corner

Automotive around us!

Loris Capirossi Menang, Casey Stoner Juara

motegi-result
Balapan yang menegangkan, ruwet dan mengejutkan. Begitulah balapan Motegi kali ini kalau bisa digambarkan jalannya balapan kelas paling bergengsi MotoGP.

Selama balapan MotoGP sepanjang tahun 2007 yang diwarnai hujan yang mengakibatkan lintasan menjadi basah dan licin, selalu menghadirkan komposisi podium yang mengejutkan. Hasil balapan di Motegi hari Minggu ini juga memunculkan susunan pemenang 1,2 dan 3 masing-masing yaitu Loris Capirossi, Randy de Puniet dan Tony Elias. (Lihat foto diatas, diambil dari motogp.com)

Dengan catatan waktu yang sangat mengesankan, tidak dapat dipungkiri lagi Loris Capirossi dapat dikatakan rajanya sirkuit Motegi. Hal ini dapat dilihat dari keberhasilan Capirossi menjuarai balapan di Motegi, Jepang, selama 3 kali berturut-turut.

Casey Stoner, walaupun tidak bisa podium dan hanya urutan ke-6 saja, cukup mengantarkannya sebagai juara dunia MotoGP 2007 dan sekaligus menorehkan rekor sebagai juara termuda dalam sejarah MotoGP.

Jalannya balapan

Sejak dimulainya balapan, Dani Pedrosa terlihat sangat cepat. Valentino Rossi walaupun start dari urutan ke-2, pada tikungan pertama saja sudah tertinggal di urutan ke-7. Sedangkan Casey Stoner juga dengan cepat berada didepan Rossi.

Balapan sebelumnya pada kelas 250 cc dengan lintasan yang masih licin, tampaknya membuat banyak tim menyiapkan motor dengan ban jenis basah. Tentunya ini berefek dengan kecepatan yang berkurang dengan ban basah. Rossi saja hanya mencetak lap tercepat pada lap ke 8 dengan waktu sekitar 1:59 menit. Bandingkan dengan Capirossi yang sudah menggunakan ban kering dan mencetak waktu 1:55 menit. Tidak dapat dipungkiri lagi lama-lamaan Rossi terusul dan tertinggal cukup jauh walaupun sudah mengganti motor dengan ban jenis kering.

Disaat Rossi baru saja mengganti motor dan Pedrosa secara mengejutkan terjatuh dari motornya dengan keras dan motornya tersebut beberapa kali jungkir-balik di udara sebelum mendarat di aspal. Akhir perjuangan Pedrosa pada lap 14.

Setelah Rossi mengganti motor, ternyata kelihatannya ada masalah dengan bannya. Rossi kembali ke pitstop untuk kedua kalinya dan tadinya diperkirakan Rossi akan menyerah. Tetapi setelah di cek oleh Tim Fiat Yamaha, sekitar beberapa detik dan tampaknya tidak menyelesaikan masalah akhirnya Rossi meneruskan lomba. Tetapi jelas itu membuatnya tertinggal jauh dan Rossi masih mengalami masalah dengan bannya dan disusul oleh pembalap lainnya sehingga posisi Rossi sudah di urutan ke 15 dan hampir tidak mungkin mendapat poin.

Sedangkan Capirossi dengan grip yang mencengkram lintasan begitu kuat, tampil sangat perkasa dan unggul jauh hampir 15 detik di depan de Puniet yang ada diurutan ke-2. Setelah itu balapan jadi monoton karena praktis tidak ada yang berubah, kecuali Melandri yang berhasil menyalip Stoner dan kelihatannya Stoner cuek-bebek saja karena Rossi sangat jauh tertinggal. Akhirnya Rossi hanya dapat mempercepat Yamaha M1 nya dan naik dua posisi ke urutan 13.

Balapan ini juga menyisakan tanda tanya apakah MotoGP 2008 mendatang hanya akan menggunakan satu jenis ban seperti halnya balapan mobil Formula-1 yang hanya menggunakan ban Bridgestone. Mengapa? Kita bisa melihat kinerja yang kurang bagus pada ban Michelin. Hal ini bisa dilihat Michelin hanya menempatkan satu pembalap dari 12 besar yaitu Nicky Hayden.

Walhasil, Capirossi yang menang, dan Stoner yang juara dunia. Selamat datang juara dunia baru Casey Stoner. Anda memang layak mendapatkannya Stoner!

Hasil lengkap MotoGP Motegi Jepang 2007 (sumber autosport.com)

Classified:

Pos Rider Bike Time

1. Loris Capirossi Ducati (B) 47:05.483

2. Randy de Puniet Kawasaki (B) + 10.853

3. Toni Elias Honda (B) + 11.526

4. Sylvain Guintoli Yamaha (D) + 12.192

5. Marco Melandri Honda (B) + 28.569

6. Casey Stoner Ducati (B) + 31.179

7. Anthony West Kawasaki (B) + 50.001

8. Alex Barros Ducati (B) + 52.343

9. Nicky Hayden Honda (M) + 53.629

10. John Hopkins Suzuki (B) + 59.715

11. Chris Vermeulen Suzuki (B) +1:02.804

12. Makoto Tamada Yamaha (D) +1:09.313

13. Valentino Rossi Yamaha (M) +1:09.699

14. Colin Edwards Yamaha (M) +1:11.735

15. Shinichi Ito Ducati (B) +1:12.290

16. Shinya Nakano Honda (M) +1:32.979

17. Akira Yanagawa Kawasaki (B) + 1 lap

18. Carlos Checa Honda (M) + 1 lap

Not classified:

Rider Bike Laps

Kousuke Akiyoshi Suzuki (B) 20

Daniel Pedrosa Honda (M) 14

Kurtis Roberts KR (M) 1

Single Post Navigation

4 thoughts on “Loris Capirossi Menang, Casey Stoner Juara

  1. Sedih deh Rossi kalah telak.

    ( ** tersedu-sedu ** )

  2. waktu rossi balik ke pitstop kedua kalinya, gw langsung males2an nontonnya bro😦

  3. ih, bro koro… blognya keren euy… template bagus dan tulisan menarik… senang kenal ente bro!!!

  4. bisa aja bro ilham… ane kan masih belajar nge-blog bro… ngga ada apa2nya dengan bro ilham yang dah kesohor..😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: