Abdullah Koro’s Corner

Automotive around us!

Lorong Setan Jalanan Jakarta

Seperti kita telah ketahui, bahwa jumlah kendaraan bermotor baik itu mobil, motor, truk, bus, kendaraan roda tiga seperti bajaj, tuktuk, fukuda dan teman-temannya, saat ini memenuhi berbagai sudut jalanan di Jakarta.

tabrakan 1

Penampakan yang sangat mencolok ini tidak diimbangi dengan bertambahnya ruas jalan, jalan alternatif ataupun pelebaran jalan. Ditambah lagi dengan musim hujan benar-benar membuat hampir semua penjuru ruas jalan berlubang baik itu kecil maupun besar. Dengan kata lain ruas-ruas jalan tersebut akan sangat mudah menjadi lorong setan. Mengapa? Mari kita lihat satu-persatu.

Ngebut dijalanan

Dengan jalan yang sempit kita dengan mudah menjumpai perilaku berkendara yang kurang baik. Ngebut dijalanan sebenarnya bisa di bagi dua tiga kategori. Ngebut karena ada urusan yang penting. Kemudian ngebut karena hobi. Ada lagi ngebut karena “panas”.

Untuk masalah ngebut karena urusan penting, bisa jadi bila seseorang terburu-buru dijalan raya karena ada acara penting. Misalnya telat jemput teman, istri, sodara, atau bisa jadi telat masuk kantor, kampus, sekolah, dll. Bisa juga ngebut karena mengantar orang sakit, atau mengantar ke pemakaman. Untuk jenis kebut2an seperti ini bisa dimaklumi.

Tetapi harus diingat ngebut jenis ini diusahakan jangan pernah dilakukan. Kenapa? Karena faktor bahaya tetap saja mengintai, terutama bila rem kendaraan kita kurang pakem, spare-part penunjang lainnya kurang oke, ataupun kondisi jalanan yang sempit.

Disamping itu kebut-kebutan jenis ini bisa mengundang orang lain ikut2an ngebut karena merasa ada yang nantangin.

Berikutnya kebut-kebutan karena hobi. Yah… namanya hobi tentu bakalan sulit untuk di pengaruhi. Hobi ini entah karena ikut klub, entah itu lagi pamer kehebatan ataupun sebab lain yang merupakan bawaan dari pengemudi.

Solusinya, silakan main di forum resmi seperti balapan pabrikan one make race(OMR), turun ke Sentul, atau sirkuit resmi lainnya. Risikonya terlalu berat jika dilakukan di jalan raya, karena kalau anda kalah atau apes, kendaraan bisa ringsek, tubuh anda juga bisa ikutan ringsek.

tabrakan 2

Kalau menang, yang jelas tidak ada piala ataupun hadiah. Paling banter anda cuma dapat lampu merah berikutnya.

Kebut2an yang terakhir yaitu karena ikutan gatal dan panas. Terutama pada kendaraan roda dua alias kuda besi, jika ada salah satu biker yang pamer kejantanan atau kehebatan, akan mencoba beradu cepat.

Juga ada yang pamer knalpot berisik, dapat mengundang pihak lain yang sebel, jadi ikutan panas ngebut. Apalagi kalau sampai ada pepet2an, gak bakalan bisa berhenti dipisahkan, kecuali udah nyampe gang untuk belok kerumah.

Selama mereka berada pada arah yang sama, akan sangat membahayakan pengendara lain. Ini yang jelas-jelas harus dihindari. Kadang dijumpai setelah kebut2an tersebut, ada saja yang tewas mengenaskan. Padahal tidak ada piala, uang, gelar yang diperebutkan.

Solusinya, yang mbok mikir gitu. Jalanan bukan punya bokap, encing, om, kakek moyang anda yang diwariskan turun temurun. Jalanan wadah untuk semua tumplek-blek, asal makenya tertip. (pake “p” lho…:) Trus buat biker lain, jangan ikutan nimpalin untuk nunjukin “Nih gue juga bisa!”. Sante aza. Kalo kaki atau tangan anda dipasangin pen, baru nyaho ente dan baru bisa nyadarin kalo gak perlu ikut2an “panas”.

(bersambung…)

Single Post Navigation

20 thoughts on “Lorong Setan Jalanan Jakarta

  1. guwe tuh kalo naej motor ga bisa pelan2 loh…,,cz mtr gw itu dah termasuk setelan balap.. lagian motor gw kalo dibawa pelan2 bisa rusak.. jelas aza motor gwe kan kawasaki 250 cc.. mantep tuh kan

  2. mas mas yang lagi duduk on said:

    komen untuk ade.

    sotoy lo, sok iye, gw sumpahin pas naek motor kepleset kulit pisang.

  3. saya pun setuju dengan penjelasan di atas,,, cuma yang sering saya jumpai di jalan itu,,, kebanyakan pengendara motor sering banget menjalankan motornya pada jalur yang di tengah2/sbelah kanan dengan kecepatan yang rendah,,,padahal jalur itu kan untuk mobil atau jalur kanan itu diperuntukkan untuk menyalip,,,tapi giliran diklaksonin ga mau minggir,,,kalau lagi ga buru2 siy gpp, tapi kalo udah bener2 buru2???nah itu yang sering membuat saya kesal,,atau satu lagi, ga berani nyalip (ragu2) tapi ga mau minggir( ngasih lewat buat motor dibelakangnya),,,berkendara seperti yang saya sebutkan diatas juga bisa membahayakan pengendara yang lain. sebenarnya inti dari kesemua ini adalah kesadaran diri sendiri. Saya pengguna satria F, saya pun termasuk tipe orang yang kalo bawa motor ngebut, tapi tetap hati2 (antara 80-90/kpj tapi kalo di jalanan yg agak lowong), karena saya mengefisienkan waktu, tau sendirilah jakarta seperti apa, macet dmn2,,nahh,,jalanan yang ga macet itu saya manfaatkan, spya jadinya tidak lama di jalan,,,,pegel juga kan kalo duduk di motor lama2,,,hehhehe,,,thanks untuk sharingnya,,,salam,,

  4. gua setujuh ma icha…

  5. gak suka sama motor touring yang seenaknya aja di jalanan…
    kaya jalan tuh punya bapak moyangnya ja…
    ane sering mepetin motor turing yang ugal-ugalan kaga peduli tuh motor gede apalagi motor kecil dan ane paling ’empet’ klo liat tuh motor gak mau kasih orang yang mau nyeberang duluan, motor ane RX-King ’95…

  6. buat para rider2 jakarta pelan2lah klo lagi dijalan…ingat anak istri menanti anda dengan selamat…salah satu yg membuat ekonomi keluarga jadi berantakan adalah para suami yg senang ugal2an dijalan kemudian celaka…terutama para rider2 dari kota satelit jakarta …coba saja lihat di kalimalang pagi hari dari arah bekasi ke jakarta….semua mau sampai duluan…sampai kemana ya…?

  7. pokoknya pake otak. Kalo gak cukup, ya jangan dipaksa. Wa juga pake mobil en motor sama seringnya. Selama pake otak dan mau pasang spion, kecelakaan bisa banyak dikurangi…

  8. Harri_ (stamford_bridge@chelsea.com) on said:

    Buat apa cepat cepat klo hanya ujung-ujung nya bikin Nyawa melayang.,.,

    Yang penting selamat aj Mas.. klo mau kebut-kebutan,, noh di Sentul .,.,., ngapain kebutan dijalan.,. rugi in diri sendiri aja.,.

  9. mas
    kata pepatah lama tuch…..

    biar lambat asal selamat mas….

    OK !

  10. alon alon pokoe kelakon

  11. tapi kalo lambat gak xampek2……………………………………….!

  12. setuju pisan euy, haturnuhun tips bwt di jlnnya jg bro…

  13. Sundel loe pada smua yg gebut d jalanan,..
    Tunggu loe k celakaan baru tau rasa.,
    pkokx yg gebut d jalan thu anjik,sundel,ubek,loe gebut jg mau guber sp sundel.,,
    jd jgn begak loe gebut” d jln,..
    Aoq genk,…

  14. perawan tua on said:

    mndinga plan2 yg pnting slmt smpai tjuan

  15. pacoel on said:

    mending hti” dripd ngebut.. sya jg type org yg ska ngbut.. tp lok ga buru” ya sante aja.. gausah ngebut.. lok udah” bner’ gawat darurat, , bru ngbut,, tp ttp konsen n was” di jalan utamakn selamat
    (mio 2005 bore up 250)

  16. seram bgt yua…..aq jadi takut dwehhh B-)…..semoga gk terjadi sama siapapun…

  17. gw naik motor g pernah ngebut n g pernah pelan…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: