Abdullah Koro’s Corner

Automotive around us!

Switch lampu Daihatsu Xenia mudah rusak

Ini sebenarnya pengalaman pribadi yang bisa saja terjadi pada anda. Tapi mungkin ini hanya sedikit sharing agar jangan grogi bila mengalaminya.

Ceritanya saya beli mobil Daihatsu Xenia tahun Oktober 2004. Sekitar tahun 2006 pernah mengalami masalah switch lampu. Saya juga kurang gitu tahu apa nama alat tersebut seperti itu. Yang jelas jika anda ingin menyalakan lampu kecil, besar, sen ke kiri atau kanan, semua ada dalam kontrol alat ini.

Waktu itu karena masih dalam garansi pabrik, dan mobil belum mencapai usia 2 tahun atau juga belum melebihi 50 ribu km. Waktu itu saya bawa ke bengkel resmi Daihatsu di BSD Serpong. Mereka bilang itu slow moving. Jadi harus inden beberapa hari. Beberapa hari kemudian diganti, dan bereslah waktu itu.

Sebab musabab ketika kali pertama tersebut diatas, kurang jelas. Pada saat malam hari waktu hendak mematikan lampu, ternyata tidak bisa dan harus mencabut relay yang ada di balik kap mesin.

Kejadian kedua, terjadi hari Sabtu 2 Agustus kemarin. Begitu hendak mematikan lampu besar dan kecil, ternyata ndak pengaruh. Sempat bingung juga caranya gimana mematikan. Karena masih hendak dipakai, akhirnya mesin tetap dalam keadaan hidup, karena khawatir akinya tekor.

Kenapa aki tidak saya cabut? Lupa naruh tang dan obeng.. Halah…. Akhirnya mobil dibawa ke bengkel variasi di jalan Ciledug Raya. Tadinya mau dibawa ke Beres (bengkel resmi), tapi dengan pertimbangan efisiensi, coba dulu ah… kali aja berhasil..

Lalu apa yang terjadi??? Setelah dibongkar, malahan belum ketemu solusinya. Penyebabnya ada bahan plastik kuning muda, yang sedikit gosong. Penyebabnya entah kepanasan atau sebab lain juga saya kurang tahu. Lampu mobil tidak bisa di dim atau dimatikan. Perkiraan sih 30 menit – 1 jam. Ternyata melar jadi 4 jam… Pfffhhh… capek juga nungguin.

Setelah menunggu, ada kemungkinan harus di ganti satu set. Perkiraan harganya sekitar 1,8 juta. Kaget juga sih.. But wait, lagi di akalin oleh tukangnya.. Finally, walau agak deg-deg-ser juga… beres juga. Biayanya? Jangan takut, cuma 75 rebu.

Sekalian ganti karet wiper yang udah ampir 4 tahun, seharga 45 ribu. Dan klakson yang dah timbul-ilang bunyinya. Diganti dengan merek asli Denso seharga 115 ribu. Dua buah klakson. Aslinya Xenia hanya cuma 1 buah. Jadi suaranya stereo kayak Avanza. (Baru tau gue🙂

Total jenderal abis 235 ribu. Ya gitu deh… Menurut bengkel variasi itu sudah lumayan juga Avanza yang datang dengan keluhan yang sama. Bisa jadi sering dimainkan oleh anak2, jadi kudu ati-ati dijaganya.

Single Post Navigation

12 thoughts on “Switch lampu Daihatsu Xenia mudah rusak

  1. kemarin servis motor, kata tukang bengkel harus ganti ini itu hingga menghabiskan kurleb gopean dah. ga’ jadi ganti, cuma servis doang abis gocap.

  2. Semoga tidak ada masalah lagi dengan mobilnya, ya pak!

  3. sebaiknya ganti mobil saja..

  4. duh, ga jadi beli xenia aku!??

  5. untung aj kemaren gw beli HARRIER….

  6. Luca Blight on said:

    Untuk dee, Untung aja kemaren gue nggak beli harrier tapi untungnya gue beli HUMMER……

  7. andika on said:

    comentnya aga berkelas donk lo2kan makan bangku sekolahan??

  8. kasus ini juga terjadi di avanzaku. plastik kuning di alat tersebut leleh. saya coba tutup dengan lem, tapi lepas lagi… tanya ke bengkel resmi, suruh ganti total. sampai sekarang belum di ganti,
    jadi kalau lampu sedang dim, untuk nurunkan disentuh pelan. kadang bisa , kadang beberapa kali sentuh baru sembuh. cepek gak sih…

  9. Gampang toch pak sy juga pernah mengalaminya cuma modal lem besi aja.

  10. i kadek budiana on said:

    WAH sama ni dg punya saya minta inponya juya …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: